QURAN HADIS
Doa

Cara Mengusir Makhluk Halus

RUMAH Anda jadi sasaran ilmu hitam atau dijadikan sebagai kediaman para hantu atau jin? Upaya pembersihan energi negatif tentu harus dilakukan supaya Anda dan keluarga dapat menjalani hidup lebih baik lagi. Bahkan, bisa semakin maksimal beribadah pada Allah SWT.

Jika Anda yakin ada hantu atau jin di dalam rumah, upaya yang bisa dilakukan adalah dengan sering membacakan ayat kursi supaya energi negatif tersebut jauh dari rumah Anda. Tapi, bagaimana jika ayat kursi tidak mempan? Apakah masih ada upaya lain?

Menjawab kegelisahan itu, Okezone coba bertanya pada Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin. Menurut dia, ada beberapa upaya lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah terasa adem kembali dan menjauhkan keluarga Anda dari energi negatif.

Berikut beberapa cara yang dia usulkan:

1. Bekali diri dan keluarga dengan ilmu pengetahuan agama yang cukup serta akhlaq yang mulia

Dengan begini, Anda memastikan kalau Anda selalu dilindungi Allah SWT dan keyakinan itu yang akhirnya membuat energi negatif tidak betah berada di dalam rumah Anda. Mendekatkan diri pada Allah dengan perbanyak ibadah juga sangat disarankan.

2. Tebarlah kasih sayang pada semua makhluk Allah SWT

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menjadi pribadi yang penuh dengan kasih sayang. Sebab, sifat ini yang akhirnya membuat Allah SWT selalu ada di samping Anda. Ustadz Fauzan melanjutkan, riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah pernah bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيْرَنَا وَيُوْقِرْ كَبِيْرَنَا

Artinya, “Bukan termasuk golonganku, orang yang tidak sayang kepada yang kecil (anak-anak) dan tidak menghormati orang yang besar (tua).”

(HR. TIRMIDZI)

3. Bersikap lembut

Selain penuh dengan kasih sayang, Anda juga mesti bersikap lembut pada semua orang. Aisyah pernah berkata, Rasulullah bersabda:

إذاَ أرَادَ الله بأِهْلِ بَيْتٍ خَيْرًا أدْخَلَ عَلَيْهِمُ الرِّفْقَ

Artinya, “Jika Allah menghendaki suatu keluarga kebaikan, maka Allah memasukkan kepada mereka sikap lemah lembut.” (HR. ahmad). Klik halaman selanjutnya untuk cara mengusir hantu dan jin dari rumah.

4. Sabar dan jangan mudah emosi

Salah satu sifat yang disukai Allah SWT dari umatnya adalah penyabar dan mampu mengendalikan emosinya. Dengan menahan amarah, itu berarti Anda menjauhkan diri dari energi negatif. Riwayat Dari Abu Darda’ dari Nabi SAW bersabda:

لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ

Artinya, “Janganlah marah maka bagimu surga.”

5. Tradisikan saling memaafkan jika salah satu dari Anda melakukan kesalahan

Allah SAW berfirman:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

Artinya, “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (Al A’raaf : 199)

6. Jadilah pemimpin rumah tangga yang adil dalam segala hal

Siapa sangka, dengan menjadi kepala rumah tangga yang adil dan bertanggung jawab, itu bisa menjauhkan keluarga dan tempat tinggal Anda dari gangguan setan. Dari Nu’man bin Basyi, Rasulullah saw bersabda:

اِتَّقُوْا الله وَاعْدِلُوْا بَيْنَ أَوْلاَدِكُمْ.

Artinya, “Bertakwalah kepada Allah dan bersikap adil kepada sesama anak-anak kalian.” (HR. Bukhori dan muslim)

Leave a Comment